December 23, 2009

Ketika...selamat tinggal bagian bedah.

Selama 9 minggu aku koass di bagian bedah,
banyak banget hal yang aku pelajarin...justru saat aku jaga di Unit Gawat Darurat..

Bukan hanya bagaimana menolong pasien dengan cepat dan tepat,
Bukan hanya bagaimana memasang infus, mengambil darah, meyuntikkan obat, atau menjait luka,
Bukan hanya bagaimana mendiagnosa penyakit pasien.





Lebih dari itu semua,
Belajar untuk lebih berempati,
Belajar untuk lebih bersabar,
Belajar untuk menjadi dokter yang memandang pasien sebagai manusia seutuhnya : punya rasa takut, punya rasa cemas, takut menghadapi penyakit, kepergian, dan kematian..

Dan yang paling penting dari itu semua,
Belajar mensyukuri nikmat sehat dan nikmat hidup dari Allah Swt, yang seringkali terlupakan dan terabaikan...

NB. Foto sama tim jaga bedah, saat selesai jaga bedah yang terakhir. Foto yang paling atas lucu yaaa:D itu lokasinya di depan UGD RS Hasan Sadikin Bandung. And the clothes? Thats our 'uniform' for the ward shift...i know its not cute at all:p thanks to anggana,,he's a good photographer!

December 22, 2009

Ketika...yippiee!! *euforia mode on*


MY FACE SHOP comiiin'..
LOL!!!
it was such a perfect gift!! *virtual kiss and hug for the beauty products:p*
and wait for my review in the next post, ok?:) *wink wink*

and this bag is from my daddy. Thank u dad!!:D luv luv.

December 18, 2009

Ketika...makan sambal ijo yuks!

Minggu kemarin, aku sama bunda sepulang belanja dari BIP (FYI, Bandung Indah Plaza-mall paling tua tapi masih eksis sampe skarang di bandung, hehehe:p) langsung kelaperan..maklum udah msk waktunya makan siang (aku sama bunda emang lebih sering belanja pagi2, byar gak rame bgt).

Tadinya kita mau makan nasi timbel, tapi akhirnya bunda kepikiran buat makan di RM Sari Rasa. Aku yang emang belum pernah nyoba makan di RM yang konon terkenal dengan sambel ijonya itu, akhirnya jadi kabita.

"Mauuu!!!"

Jadi akhirnya aku sama bunda mampir ke RM Sari Rasa, yang letaknya di Jl. Natuna no.29. Byar gampang ke sana, bisa lewat Jl. Naripan. Byasanya sih susah dapet tempat parkir, tp untungnya, kita langsung dapet tempat parkir karena kebetulan ada mobil yang keluar.

Pas masuk ke dalam, wuuuiih! PENUH!!! tapi...yang bikin puas, karena pelayanannya cepet. Dalam hitungan beberapa menit saja, udah terhidang berbagai makanan di atas meja. Ada ayam goreng, ikan, tahu, tempe, lalap, perkedel jagung, sambal ijo,dan CIMPLUNG. Apakah cimplung itu??
Hihi, ini juga konon adalalah andelan RM ini. Cimplung tuh kayak perkedel kentang, tapi yang lucunya, bentuknya kayak bola pingpong, dan kalo dimakan kayak kenyel2 gitu. Aku sendiri gak terlalu suka...hehehhe. Sayang, si cimplung ini lupa aku foto :p


Sambel ijonya sendiri rasanya gak terlalu pedes. Menurut aku justru lebih kerasa adalah rasa tomatnya, asem2 gitu. Sensasinya lucu di lidah, hihii. Makanya aku terbengong2 pas ngeliat orang2 yang banyak banget makan sambel ijo ini dengan lahapnya, kayaknya emang sambel ijo ini pas di lidah banyak orang. Terbukti selama aku ma bunda makan, orang2 terus berdatangan, gak berhenti2:) Dan melihat para pelayan yang dengan sigap melayani, jadi inget koass2 yang sigap melayani pasien di UGD.

Membayangkan suasana UGD. Pasien baru dateng.
"Dek, cepet pasang infus. Lab lengkap. AGD juga. Oh iya sama kateter. NGT juga deh ya. Trus masukin juga Ranitidin sama Ketorolac. Ranitidinnya bolus, Ketorolacnya drip. Ceftriaxon juga deh de, jangan lupa skin test dulu ya"

Sang Koass dengan sigap menuruti perintah sang residen, sambil melayani pasien.

Yang uniknya, di depan RM Sari Rasa ini banyak yang jualan buah nangka. Bingung kan kenapa? Hehehe, sama ada kue apek juga. Anyway, harga di RM Sari Rasa ini terjangkau banget loo. Sambel ijonya gratis, dan cimplung aja cuman 1500. Hehehe:D

Tunggu wisata kuliner aku berikutnya yaa!
XoXo aul.

December 12, 2009

Ketika...sunblock yayyy!:D

Kemarin aku baru beli sunblock nih:) heheee. sebenernya kan baru juga minggu kemaren beli L'oreal White perfect yang juga mengandung SPF 15, cuman gosipnya Parasol is the best sunblock. Dan karena termakan gosip inilah, gw beli sunblock lagi *dasar cewek gampang termakan gosip!* heheheee.

Tp tentunya byar gak merasa bersalah banget, akhirnya aku buka2 web, nyari info tentang si Parasol ini. Taraaaa!! Ternyata memang banyak dokter kulit yang menyarankan pake Parasol bahkan membuat racikan dari bahan Parasol sendiri. Banyak banget loh orang yang cocok pake Parasol ini. hehehe...aku sendiri belum pernah nyoba pake parasol, kayaknya bru entar siang pas mau keluar rumah:)

Ngomong2 tentang sunblock..udah ngerti belom tentang sunblock?

Well..ini yang aku baca dari buku bikinan seorang dokter kulit favorit aku, dr.Dewi Inong, SpKK..dia ngebuat sebuah buku berjudul Beauty Guide : merawat kecantikan muslimah dari ujung rambut sampai ujung kaki yang isinya konsultasi kecantikan dia sama pasien2nya.

Sunblock buat orang Indonesia itu sebenernya dianjurkan yang SPF 15 atau lebih.
SPF 15 artinya diharapkan bahwa kulit tahan 15 kali lebih lama untuk tidak terbakar sinar matahari dibandingkan orang yang tidak memakai tabir surya.

Karena kulit orang Indonesia rata2 terbakar dalam waktu 20 menit, maka dengan SPF 15 diharapkan kulit terlindung dari matahari dalam waktu 300 menit. Simple kan perhitungannya? Atau bisa juga disebut dengan pemakaian SPF 15, maka sinar matahari yang masuk hanya 1/15-nya:)

Parasol sendiri adalah suatu sunblock yang terkenal dengan kandungan Non PABA-nya. PABA (Para-aminobenzoic acid) ini berdasarkan penelitian sering menyebabkan iritasi dan alergi. So, kosmetik non-PABA cocok banget buat orang2 yang berkulit sensitif. Begicuuu...

Jadi jangan pernah lupa pake sunblock yaaaah kalo keluar rumah, daripada makin gosong hehehe..ngelindungin dari kanker kulit juga looh:) ada yang punya sunblock yang direkomendasiin ? bagi2 dong:)

December 5, 2009

Ketika...My new beauty stuffs!

Hihihi.
i cant wait..*Lol!*
i ordered these beauty stuffs *thats what i called them :p* from my online buddy in multiply...

November 27, 2009

Ketika...cancer takes her life, slowly but sure.

Kemarin, tumben2an aku sama temen2ku ke Poli bedah onkologi* siang2 abis makan siang n ngegosip di mesko**. Hehehe...abis gak tega sih sama residen yang sendirian disana, dikerubungin sama pasien2 yang mengeluh benjolan yang aneh2. Jangan membayangkan pasien2 disana itu jumlahnya cuma 1-2 yaaa, jumlahnya puluhan boo! ditambah keluarga mereka yang nganterin...otomatis di poli makin sesek. hehehe...

siang itu, ada pasien datang di atas brangkar, dianter sama keluarganya. Seperti byasa, kita sebagai koass, melakukan anamnesa sama pemeriksaan fisik dulu, trus tulis di status, udah gitu ntar bakal diconfirm ke residennya.

pasien itu cewek, berusia 20 tahun. lebih muda daripada aku sebenernya...tp dia tampak sakit berat, dan terlihat tua dibandingkan usianya. mukanya pucat, keriput, dan semangat hidup seolah sirna. dia mengeluhkan benjolan pada betis kaki kirinya yang smakin membesar, yang awalnya sebesar kelereng, dan sekarang udah sebesar buah kelapa dalam waktu 1 tahun, sehingga menyulitkan dia untuk berjalan. Bahkan dia sekarang sudah tak bisa berjalan lagi. Pas aku pegang, badannya panas. Demam. Berat badan dan nafsu makannya juga menurun drastis. lalu..aku tanya

"sesek gak teh nafasnya?"
"iya dok"
aku perhatiin, nafasnya cepet..sampe 40 kali permenit. sudah menyebar ke paru kah kankernya? lalu...
"udah pernah difoto teh?"
"udah dok.."

kemudian aku liat foto X-ray thoraksnya. Sudah ada massa intrapulmonal..suspek metastase***. Huufff...

"Ada benjolan lain gak teh yang keraba?"
"Ini dok, di bahu, sejak 1 bulan yang lalu..."
sudah menyebar ke tulang juga??? Benar saja, pas aku pegang bahunya, ada benjolan dengan diameter sekitar 6 cm, batas tegas, konsistensi keras, terfiksir, dengan nyeri tekan (-).

"ada riwayat di keluarga gak teh, yang juga sakit kayak gini?"
"enggak ada dok."
Oh my God.

Aaaah. sedih rasanya. kenapa si teteh ini harus datang terlambat ke dokter? tidakkah ada dokter di desanya yang dengan sigap merujuk teteh ini ke rumah sakit untuk dapet pertolongan secepatnya? kenapa baru datang, ketika kanker sudah mulai menggerogoti, menyebar, menghabisi tubuhnya? atau masalah biaya yang membuat teteh ini enggan berobat ke rumah sakit???

Kanker. datang benar2 tiba2, dan bisa menyerang siapa saja. aku ingat perkataan pembimbingku..bahwa kanker sebenarnya tak pernah bisa disembuhkan...tujuan pengobatan kanker sebenarnya hanya 3:
1. Meningkatkan angka 5-years survival rate
2. Menurunkan angka rekurensi
3. Memperpanjang disease-free-interval.
Sebenernya memang pengobatan yang terbaik adalah dengan mengeluarkan massa tumor dari luar tubuhnya. Hanya saja, kadang suatu kanker sudah bersifat inoperable, bila massa sudah bermetastase. Tindakan kemoterapi dan radioterapi pun membunuh sel kanker secara logaritma, artinya,,,tidak akan pernah bisa membunuh sel kanker itu sendiri sampai habis.

pasien ini cewek, 20 taun. aku membayangkan diriku pas masih 20 tahun, saat masih nakal2nya dan seneng2nya main sama temen2, kabur ke bandung, nonton,karaoke, nongkrong malem2 sambil ketawa2 n ngegosip, mulai mencoba make up...hahaha:D..

sungguh Tuhan telah memperingatkan diriku untuk lebih bersyukur, dan seperti byasa, aku sering sekali lupa. Sungguh mudah bila Tuhan ingin mengambil badan yang kita punya..kecantikan maupun kesehatan yang Dia anugerahkan...jadi pantaskah kita sebagai manusia yang tak berdaya sombong dengan apa yang kita punya?

*onkologi : ilmu yang mempelajari tumor, baik jinak maupun ganas
*mesko: tempat istirahatnya para koass...hehehe
*metastase : penyebaran kanker, bisa melewati pembuluh darah maupun pembuluh limfa.

September 12, 2009

Ketika...silent letter from heaven.


Pas hari2 terakhir menjelang ujian, aku ma temen2 lagi nongkrong di Poli THT. Berhubung udah maless *memang koass jaman skarang-ck ck ck-sambil geleng2in kepala...*, jadi kita cuman ikut masuk n liat kalo ada pasien yang tampak "menarik".

Pagi itu dateng seorang bapak yang keluhan utamanya gak bisa bersuara lagi. Riwayat sakit stroke (+). Yang bikin berkesan adalah saat si bapak jawab pertanyaan dokter dengan menulis...dan he wrote something in his letter, wishing d best for us.
"Calon dokter THT mudah-mudahan baik saya doakan"

Aku sama temen2 sempat terdiam sebentar...trus langsung bilang dengan keras2 semangat 45 "AMIIIINN...makasih pak!!" (meski dalam pikiran, sibuk knock2 on the wood, karna gak mau jadi dokter THT).

Aaaaaaaahhh. jadi inget pas kemarin2 juga aku dapet tugas presentasi kasus Ca laring (kanker pita suara, jadi bapaknya dah gak bisa ngomong dan udah sesak nafas juga. malah sempet henti nafas). Otomatis yaaa aku terpaksa ke ruangan, n dengan berat hati *saking malesnya* ngewawancarain bapak yang kena Ca laring itu. Hukss...yang bikin aku terharu, bliau ampe bela2in jwab pertanyaan kita sambil nulis dengan terbata2 di atas buku tulisnya yang sudah butut.

Saat itu rasanya aku dapet peringatan langsung dari Tuhan. Gimana aku kadang suka ngerasa males banget koass, padahal aku punya badan sehat dan kuat....Dan bapak yang sudah lemah dan tak berdaya itu (karena kankernya juga udah stadiujm akhir), masih bela2in jawab pertanyaan seorang koass dengan penuh perjuangan, tanpa ngeluh sedikit pun. Huksss. Manusia...memang kadang lupa bersyukur ya? Seharusnya aku merasa beruntung bisa terjun di bidang ini, dimana aku bisa sedikit2 ngeringanin beban orang lain...tp kadang malesnya itu lo, apalagi bulan puasa, huhuuuuuuuu maafin ya Allah...:(

August 16, 2009

Ketika...TOKO COKLAT...:)


Asssiiikkkk hari ini ketemu abang!!!!!!!!! *hiks hiksss senaaangg*, dan setelah makan di Nasi Tulang Jambal Roti n ke Riau Junction, akhirnya kita mutusin untuk pergi ke rumah cokelat:)
TOKO COKLAT itu letaknya deket istiqamah, erha clinic, deket jalan progo *Maaf yaaa:D gak inget jalan pastinya:P* Tempatnya mungil, bahkan cuman ada beberapa kursi sederhana di taman dan di dalem tokonya. Tapi kalo ngeliat etalase cokelatnya yang penuh ma coklat lucu2...huuummm..:P

Untuk kunjungan kali ini (halah, bahasanya udah kayak bahasa presiden aja), aku pesen Cokelat Cool. Namanya aneh sih sebenernya, hahaha:D tapi pas aku rasain..enaaaaaaaaak, segeerrrr. Abang sendiri pesen latte sama almond cake..tp tetep aja, bagi aku tetep paling enak cokelat cool-nya (namanya bisa diganti gak ya, byar rada kerenan dikit?:P) hihi.

Kelebihan TOKO COKLAT bagi aku sendiri adalah tempatnya yang enak banget buat duduk2 sambil ngemil, gak rame pula (kebetulan emang bukan di pinggir jalan raya), adem karna banyak pohon, cokelatnya juga terjangkau. Ada yang harganya cuma 4000an, minumannya sih sekitar 15ribuan lah:) Aku aja ma abang keasikan ngobrol ngalor ngidul...enak banget tempatnya:D Oiya, Cokelatnya juga bisa buat kado, karena di sini disediain kotak kado buat coklatnya, pita, sama kartu ulang taunnya =D

NB. di Ternate ada es duren enak banGeeeet!!! EsdurenOnline namanya:D aku pesen yang duren montong strawberry...enyaaaaaak enyaaaaaakkkkk:P

June 27, 2009

Ketika...1 bulan sudah di Obgyn!

Akhirnya, tanpa terasa, udah 1 bulan aku di Obgyn, dan aku udah ngelewatin 3 rumah sakit jejaring: majalaya, astana anyar, dan cibabat:)

untuk pertama kalinya.. aku, lusi, yola, anin, pawes, gerda, cahyo, vijay, ma edwin menjalani stase kebidanan dan kandungan di Majalaya. BERHUBUNG MAJALAYA ITU JEJARING PERTAMA KITA, hooo..rasanya pasti awalnya tegang deg2an. Hihi..Dan kebetulan, pas giliran kita di Majalaya, gak ada residen, jadi kita langsung berhubungan sama preseptor kita, dr. Iwan spOG dan dr. Mali.

Selama 1 minggu ini, BANYAAAAK banget pelajaran yang aku dapetin. Untuk pertama kalinya, aku bener2 anamnesis dan nulis status lengkap loh! hahahaa, trus di poli harus bisa meriksa sendiri (kebiasaan sih di RSHS cuman liat aja sambil nanya2 dikit:p), nyobain megang alat USG dan mencari bayi dalam rahim ibunya (makasi dr. Mali..!), nyobain nolong persalinan (biasanya kita singkat APN : Asuhan Persalinan Persalinan), megang alat kuret, sampai ikutan jadi asisten operasi..(lumayan looo! megang ovarium, tuba, sampe ngejait subkutikuler, hehe:P)

Kemudian jejaring berikutnya adalah Astana Anyar. Aku inget banget, jaga pertama ku adalah di UGD, sendirian pula. Lusi ma edwin di VK.

Aa yang jaga meja pendaftaran UGD malem itu nanya sama aku, "Dok, malem ini sendirian di UGD?"
"Iya a, kenapa gitu?" *berusaha berbicara dengan nada biasa aja, seolah itu hal yang lumrah, pdhl rasanya udah insecure*
"Oooh, byasanya mah banyakan dok. BERLIMA"
Dueeeeng! Gimana mau jaga berlima...toh sekelompok aja cuma 9 orang???!!

Malem itu, aku sukses gak tidur sama skali..maybe the first time selama aku jaga pas koass. Mana yang lebih top lagi, para akbid (akademi kebidanan) pada gak jaga, so otomatis di bawah bimbingan 2 bidan yang baik hati...aku mencoba melewati malam itu dengan penuh kesabaran. Hahaha... Capeknya capek gila, tapiii..ilmu yang kudapet banyak banget.Heee,,

Jejaring yang ketiga adalah Cibabat. sampai saat ini sih, ini jejaring paling favorit bagi aku:) Di sini aku belajar jauuuuh lebih banyak lagi, terutama pas lagi jaga. kebetulan karena anggota kelompokku periode ini sedikit banget (cuman 1 kelompok besar), jadinya kita sering banget dapet giliran jaga. Di sinilah aku ngerasa, pola pikirku sebagai dokter mulai makin kebentuk. Mulai anamnesa, pemfis, sampai akhirnya kita memutuskan apa yang harus kita lakukan.. Selama jaga di RSHS, kadang aku masih bingung kalo disuruh observasi pasien sama residen, kadang cuman iya2 aja tanpa tau tujuannya apa. Tapi saat di jejaring, aku dan temen2ku mulai ngerti..kalo observasi itu BUKAN SUATU HAL YANG BISA DISEPELEKAN dan HARUS TAU TUJUANNYA APA.

Aku jadi inget nasihat seorang pembimbing di Majalaya, saat beliau marahin kita karena ada pasien yang bisa eklampsia (kejang2 pada kehamilan krn hipertensi). well, itu semua karena kita gak ngelakuin observasi dengan baik.

"seorang ibu hamil dirujuk bidan ke rumah sakit karena ingin mendapat pelayanan yang lebih baik. Mereka percaya, bahwa RUMAH SAKIT BISA MEMBERIKAN PELAYANAN YANG LEBIH BAIK"


kata2 itu jleb banget bagi aku. Aku sekarang bisa mulai ngerasa, seorang suami membawa istrinya ke rumah sakit untuk bersalin, tentu dengan harapan yang sangat besar : anak dan istrinya selamat. So seharusnya aku juga berusaha untuk selalu bertanggung jawab saat jaga. Meski kadang, godaan selalu ada. Hahaha..Godaan untuk kabur, untuk tidur2an sambil ngegosipin akbid dan bidan2 di mesko, heheee...ya, selama keadaan aman terkendali, menurut aku kenapa enggak? Hehehe..toh kita kan harus bekerja cerdas juga, bukan sekedar bekerja keras, ya enggak? :P

Tadi pas aku pamitan sama seorang bidan favoritku di Cibabat, ada kata2nya yang bikin aku terharu
"Dok, aku akan merindukan kalian...Gak akan pernah lupa kejadian pas jaga sama kalian.."
Huhuuu. Iya, bidan ini yang ngehibur kita pas kita shock karena ada pasien yang tiba2 bayinya meninggal dalam rahim padahal sebelumnya bunyi jantung anaknya bagus. Dia yang ngebela kita, yang ngerti banget kalo malem itu kita udah berusaha seoptimal mungkin, tapi Allah swt yang akhirnya memutuskan segalanya.

...

Well ada kalanya aku memang jenuh, gimana enggak, selama di obgyn ini, aku bisa dibilang enggak pernah libur. Jadwalnya padat banget, karena kebagian jaga mulu. Kadang malah aku suka kepikiran.. "kenapa ya aku masuk kedokteran?" hehehe.

Tapi, kemarin pas di jejaring aku banyak ngerasain "jadi dokter beneran", ditambah senyum pasien pas bayi mereka selamat, hembusan lega suami melihat proses persalinan lancar, .. huum. rasanya aku harus kembali mengingatkan diri sendiri untuk bersyukur akan anugerah kesempatan ini, kesempatan untuk menjadi seorang dokter :) amin.

May 30, 2009

Ketika..renungan

Kadang rasanya jenuh
Kadang rasanya ingin berteriak sekuat tenaga
Bahkan kadang rasanya..ingin mengakhiri ini semua

Kadang bertanya,
apakah aku berada di jalan yang tepat?
apakah aku memang bisa menjadi dokter yang baik?
apakah aku bisa melewati ini smua?

Kadang ada rasa sesal,
bagaimana kalau aku kuliah di jurusan lain saja?
bagaimana kalau aku berhenti, lalu berputar arah?
bagaimana bila aku memutuskan untuk mencoba jalan hidup yang lain?


Namun,
bila melihat senyum mereka,
tatapan penuh harap mereka,
tulus ucapan terima kasih mereka,
ada secercah harapan jauh dalam hati,

memang Tuhan menginginkan aku di sini,
karena inilah jalan terbaik untukku,
dari sjuta jalan lain yang mungkin ada,
hanya saja kadang aku lupa bersyukur padaNya.

May 24, 2009

Ketika...edisi perdana Obgyn :D

Besok adalah hari pertama aku masuk bagian baru..yaitu bagian Obstetrics and Gynecology..yah, kalo bahasa sehari2nya sih bagian kebidanan dan kandungan. Insya Allah sih aku bakal ngejalanin ini selama 9 minggu, ampe 25 juli entar.

Rsanya? Seperti setiap kali masuk bagian baru..*apalagi bagian besar*, selalu ada rasa deg2an, excited, serem, seneng, semua campur aduk jadi satu! Manalagi aku kebagian jaga malem pertama besok *malem pertama? haha*..huhu, gak kebayang deh, what i should do there:P

bismillah, u go girl!

May 20, 2009

Ketika...foto2 penyuluhan








Duuuh. ngaploadnya lamaaaa! :( hahaha. pdhl masih banyak foto2nya.

Ketika...confession of a (NOT) shopaholic

Hari ini sepulangnya pamit dari Puskesmas -padahal belum judicium!haha. But at least, we have passed our final exam:)-, aku, serissa, ma ayu langsung cauuu ke Gede Bage.

apakah gede bage itu?

Huum. Bagi anda2 yang belum tau, Gede bage adalah sebuah terminal sekaligus pasar di daerah pinggiran kota bandung, di sekitar terusan soekarno hatta (kalau gak salah:p). Tapi..ini bukan pasar biasa, karna menjual baju2 bekas dengan harga amaaat miring. Hehe..

Kalo mau ke gede bage, memang gak harus kuat modal (kayak kalo belanja di metro). Bawa uang 50 ribu aja pasti dah bisa deh bawa pulang baju dari gede bage. Karna di sini yang harus adalah kuat..MENTAL! haha:D why?

1. Bau baju2nya itu lo..kadang apek2! Huuff. Apalagi kalo udah masuk ke zona 5ribuan...ya, yakin aja kalo baju yang dijual itu belum dipake buat ngepel! hhehehe..

2. Terakhir kali aku ke gede bage (bareng yuli, galuh, widi, ma kiki), aku sukses ngeborong baju..yang kebanyakan pas dicoba di rumah, gak pada muat n gak pas jatuhnya di aku!:P (1 dress biru putih garis2, 1 dress merah putih, 1 dress vintage lucu ungu sama bunga2, trus 1 rok coklat panjang). Hhehe..akhirnya baju2 itu cuman jadi pajangan manis di lemari. Ehh gak deng, ada satu baju yang aku jual ke widi. Hehe.. Well ini konsekuensinya beli baju di gede bage. Karna terlalu parno buat nyobain tuh baju sebelum direndem di dettol, maka..beli baju tanpa dicoba. Hihi

3. Jangan kaget kalo banyak abang2 centil yang bakal ngegodain. Males deeeeh. Tinggal pasang lempeng aja, kalo bisa malah pasang muka orang gila biar dia langsung ilfeel. hehe

4. Trus nyari bajunya harus sabar. Miracle comes when u least expected. Begitu juga dengan baju. Liat satu2 dengan sabar, jangan langsung ilfil denger istilah baju bekas. Hehe..suka ada aja kok yang lucu, kalo anda beruntung. Trus kalo suka jangan langsung pasang muka mupeng. Biar aa-nya gak langsung nawarin harga mahal..kayak tadi aku ke gede bage, masa semua baju yang aku suka ditawarinnya harganya 50ribuan? Beuuuhh.

5. Meski bajunya murah, pas udah sampe rumah, harus kuat mental lagi karna harus ngerendem tuh baju n nyuci n ngucek berkali2. Kalo aku sih direndem dulu pake dettol, abis itu baru disikat sekuat tenaga, direndem lagi, sikat, rendem, sikat, rendem, ampe 3 kalian lah:P

Tapi sayangnya, hari ini aku lagi kurang beruntung nih. Cuman dapet 1 baju..ada sih yang lain yang lucu, tapi harganya mahal! Mending beli sekalian yang baru deh...:(

PS. Baju putih garis2 ini sebenernya simple banget, cuman aku beli aj karna cuman 10ribuan. Hee.. sedangkan dress ungu ini pengen aku jual niy. Gak pas sih di aku:( ad yang berminat? hehe

May 15, 2009

Ketika...this is NOT the end of Public Health

well.

Okay.

Huuuff. just took a very deep breath. so we didnt have a judicium today. Maybe next week, hope so.

Blaming others? NOP! I was sad, NOT because we couldnt pass this today, but i was sad..because WE didnt make it. Those 'teamwork' things..

i know this is my fault, our faults. we didnt try our best, so God gives us chance to fix this. Cause God loves us, much more than anyone thinks:) God wants us to become more mature n stronger:)

There is always a rainbow after a storm..

believe me :)


May 13, 2009

Ketika...please, berakhirlah IKM!

Tanpa bermaksud apalagi berniat untuk menghina bagian ini..

Saya hanya ingin meminta pada Tuhan, agar bagian ini cepat berlalu... huhu:( Semoga Allah melancarkan ujian besok, agar saya bisa lulus IKM! AMIN.

May 8, 2009

Ketika...bersiap2 penyuluhan!!


Besok senin, kita ujian Public Health berupa penyuluhan tentang hipertens, Posbindu, pelatihan pengisian KMS pada kader Posbindu di wilayah kerja UPT Puskesmas Sindangjaya (halaaaaah lengkap amat:P). Saking padetnya jadwal dan semua mua yang harus dipersiapkan, bimbingan ma pembimbing bisa ampe ketemu 2x dalam sehari..pagi dan sore...hehe:)

Alhasil..udah beberapa malam ini aku pulang dari ngerjain kelompok baru jam 9an malem...nyampe rumah bisa jam 10malem..(silakan ngeliat foto kita yang lagi sibuk ngetik di laptop masing2..hahaha, udah kayak pameran laptop meja bundar;p) badan rasanya pegeeeel, bau, kucel, apalagi di Puskesmas dari jam 8 pagi. Sampe rumah, lanjutin lagi ampe hampir tengah malem...tidur bukan karena tugasnya udah selesai, tp ya karena itu...cape banget! haha:D

Tapi untung aku punya pembimbing IKM yang amat sangat baik hati... menyediakan waktu untuk bimbingan dengan koass2nya yang kadang suka lemot2 ini. hihi
Masa tadi aja sampe nyumbang duit buat penyuluhan kita! Huhu...
dan masih becanda sgala
"kalo gak diterima, nilai kalian jelek loh!"
Makasih doookkk....semoga Allah membalas kebaikan dokter! hehe

Oke deh..doakan smoga senen besok penyuluhannya lancar!! AMIN =)

May 6, 2009

Ketika...pusyiiing:(

Ahhh.
Sekarang aku masih sempet2nya untuk nulis blog. Di dalem ruangan IKM Banda no.42, sambil menunggu untuk presentasi entar jam 9....hehe :P

semua laporan2 ini membuat panik..dengan data2 yang bikin pusing...revisi2 yang terus menerus...
dengan kuesioner yang belum dibagiin dan home visit yang belum dilakuin..
duuuh. padahal senen depan udah harus penyuluhan....it means, the deadline is coming...

aaaaaah. pusiiiing! hehehe.

Hmmm..tapi ya, this is life.

Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts..

Semangat Ul... perjalanan untuk jadi dokter masih panjang :)

April 26, 2009

ketika...puskesmas adorabLe!

Mmmh. Malu nih. Bisa dibilang awalnya gw suka apatis sama yang namanya Puskesmas. Dulu gw pikir, Puskesmas tuh ya gitu2 aja. Nothing special. Menjadi kepala puskesmas? Yah, a little BIT special-lah. Tapii ya udah. Rasanya cita2 untuk kerja jadi kepala Puskesmas tuh mungkin cita2 urutan kesekian...setelah cita2 jadi konsulen atau dr spesialis misalnya =) Tampak lebih keren abisnya...apalagi kalo udah pake ngebayangin adegan2 gw memakai baju putih berlari dan bekerja dengan sigap di RS yang mentereng, hahaha:D

Oke, kalau biasanya gw selama ini koass ketemu pasien di Rumah Sakit Hasan Sadikin.. Nah untuk 1 bulan ke depan, gw bersama temen2 gw (marcel, serisa, wawa, ayu, vasu, dan toni) ditempatkan di Puskesmas Sindangjaya. Letaknya di daerah Arcamanik, Bandung. Hari2 pertama? Bingung. Hahahaa..Kta bingung, data apa aja sih yang harusnya kita pake? Tapi lama2, mulai ngerti alurnya kok (meski masih bingung juga=9). Dokter dan ibu2 serta bapaknya baik banget...dan tampak antusias banget kalo kita nanya2=)

Nah setelah melewati 1 minggu di Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat (bahasa coolnya public health), pikiran gw mulai kebuka. Yup, thinking out of the box. Di bagian IKM ini, kita para koass2 belajar banyak manajemen kesehatan, terutama dalam hal pendidikan dan promosi kesehatan. Trus kita juga belajar untuk menganalisis masalah, menentukan prioritasnya, dan tentu bagaimana mengatasinya. Semua ini ya biar derajat kesehatan masyarakat naik tentunya.. Meski memang, TUGASNYA itu loh...dengan laporan yang banyaaaaakkk sekali....heuheuuuu.

Tapi, inget kata2nya dr Heni..
IKM = Bekerja keras + Bekerja cerdas + Bekerja IKHLAS
yang susah, justru bekerja ikhlasnya kan? =)

Melihat proses menjalankan Puskesmas yang enggak mudah (dengan sistem informasi kesehatan yang...wuiih, mantabbb!), dan melihat betapa sebenernya Puskesmas sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita agar bisa menjangkau pelayanan kesehatan,

membuat gw sempet berpikir "Seru juga ya kerja di sini!".

Seandainya semua Puskesmas bisa bener2 menjangkau masyarakat secara merata dan adil, dan mampu menciptakan perilaku dan lingkungan yang sehat secara MANDIRI, tentu negara kita bisa semakin maju kan?

Ya enggak?

So..working at Puskesmas maybe can be one my dream list=9

April 25, 2009

ketika..penasaran fairy :huff!:


Duuuhh.
Apa ini yang namanya cwek, atau aku aja yang LEBAY?
hahaha =D

aku bener2 pengen ni bedak...
kepikiran mulu,
merk Dodo dari Korea. Blum ad di Indonesia..

huff, tp cocok gak ya?

April 18, 2009

ketika...public health, here i come!


setelah liburan koass yang amat panjang dan melenakan ini..(hehehe:p)

now im facing the truth that im a med student n i have to study again, more and moreee...

cause there are thousands of my future patients waiting for me!:D


so sit down aulia,
read ur book..
u are going to have a pretest!

April 17, 2009

ketika...trip to situ cileunca



Hari sabtu kemarin, gw, puti, n wika akhirnya (setelah diskusi yang amaaaat panjang, udah serasa lagi nyusun UU di DPR) akhirnya memutuskan untuk pergi ke Situ Cileunca di daerah Pengalengan. Actually, we were blind of this..artinya, kita bener2 hanya bermodalkan sebuah mobil kijang + sopir (yang tentunya udah afal jalan ke situ cileunca), tanpa tau, apa yang kita bakal lakuin di sana. Hoho..

Then, setelah perjalanan sekitar 2 jam dari bandung (dan untungnya gak macet)..kita sampai juga di Situ cileunca. Tiket masuk + parkir cuma 13 ribu (buat 4 orang termasuk supir). Huuuppp! Begitu turun dari mobil, udaranya segeeer banget, apalagi waktu itu relatif sepi dan masih jam 9 pagi.

Awalnya kita bingung mau ngapain. Well, FYI, daripada bengong ngeliatin situ, mendingan langsung ke pos deket pintu masuk, lalu tanya aja fasilitas apa aja yang disediain di situ tersebut. Karena jujur aja, papan infonya kuraaaang bangeeeet, dan sayang banget kan kalo akhirnya cuman duduk2 di pinggir situ tanpa tau apa yang harus dilakuin. Hehehe..

Ternyata..ada arung jeram!* Awalnya sempet ragu juga, beneran nih bisa langsung daftar dan turun rafting skarang juga? Secara, kita bener2 gak punya rencana, dan kita cuman terdiri dari 3 cewek buta arah dan buta skill...hihi. Tapi temen gw bilang,
"Ayo lah..kapan lagi?"

Dan gw jadi inget pepatah favorit gw, if u never try it, then u'll never know it! Kita akhirnya langsung daftar, dan masnya bilang, sekarang juga bakal dia siapin. Sambil nungguin alat2nya disiapin, akhirnya kita nyoba flying fox ** dulu. Seruuu kok! Memang gak terlalu tinggi, tapi sensasi pas lu 'terbang' di atas situ, mmm...unik!!

Mungkin karena kita cuman terdiri dari 3 cewek2 yang terlihat manis dan baik hati, banyak banget mas2 yang pada ngebantuin kita. Mulai dari jagain tas kita (n they really did!), motoin kita (yang motoin pas awal kita mau 'terbang' dan pas mau 'mendarat'), sampe akhirnya berbaik hati menurunkan harga kalau naik 2 kali...means, sebenernya bisa ditawar! Heuheuu. Jadi kalo kata gw, mending naik flying foxnya 2 kali aja sekalian=)

Selesai naik flying fox akhirnya kita siap2 buat rafting. Yang buat gw salut adalah, mereka bener2 profesional lo. Mereka bener2 mastiin alat pelindung kita lengkap n kenceng, trus ngasi penjelasan tentang rafting itu sendiri. Dan yang bikin gw lebih salut..mas2 lain tetep bersedia moto2in kita, sampai rafting selesai=) (tanpa meminta tips pulaaa!!). Sbelum arung jeram, kita 'latihan' dulu di situ yang arusnya tenang...kayak dayung maju, mundur, kanan, kiri, sampai instruksi BOOM! (begitu BOOM, langsung pegang tali erat-erat sambil jongkok di bawah!)

Begitu sudah siappp..lalu waktunya rafting di sungainya beneran. Sempet kederr...apalagi denger suara arus airnya. Tapiii..begitu nyobaaaa, KETAGIHAN!! hehehe...Asik bangeeet!!! Apalagi samping kiri kanan pemandangannya indah (emang sih, lu gak akan sempet nikmatin pemandangan pas arusnya deras, apalagi pas lagi BOOM!hehehe), tapiii ntar bakal ada tempat istirahat pas arusnya mulai tenang...sooo kita bisa turun ke air dan duduk2 di batu, sambil makan bekel...=) jangan lupa untuk nyobain ngapung sambil menghadap ke atas....uuummm!!

Rafting ini menempuh skitar 4,5 km di sungai palayangan, waktunya mungkin 2 jam-an kali yaaa. Begitu selesai rafting, udah disediain mobil yang bakal nganter kita balik ke situnya.

Gak ada ruginya kok nyobain rafting di sini...apalagi masnya ramah2 dan baik2...makasiiih yaaa!!=D C u on my next trip!

*15o.ooo per orang, lbh murah kalo rombongan. jangan lupa bawa : peralatan mandi dan baju bersih buat ganti, bekel, ma kameraaa =)

*15.000 per orang, lbh murah kalo naik 2 kali.hehe, jadi 10rb tyap terbang

March 31, 2009

ketika...komedooo..menyebalkan

aku benci komedooo..huu. Kebetulan aku memang dikasih sama Allah kulit kombinasi (daerah T-ku berminyak, tapi pipi suka rada kering). Kata orang sih, kulit berminyak ada keuntungannya, jd lebih awet muda. Alhamdulillah! Namun tetep aja aku suka binguuung sama komedo-komedo yang bandel ini. Susah banget dilwannya. Hehe.

Tapi kemarin2 aku baca tips buat ngilangin komedo Aku coba bagi disini aja ya, moga2 bermanfaat=)

Komedo tuh pertama2 ada 2 tipe. Yang tertutup dan yang terbuka. Nah kalo yang tertutup ini nih yang susah ngilanginnya. Harus dibuka dulu pake jarum steril, trus baru isinya dibuka pake komedo ekstraktor. Well, aku pernah nyoba sendiri, dan sakiiit periiih! Hihi. Emang sebaiknya dilakuin sama yang ahli (kalo koass tuh termasuk yang ahli gak? =9)

Kalau komedo yang terbuka sih lebih gampang (meskipun sama aj, pediiih!hehe). Komedo terbuka itu yang biasanya keliatan bintik item2 di kulit, disebut juga black head comedo. Bisa pergi facial ke salon atau dilakuin sendiri di rumah.

Kalau di rumah, ini nih caranya:

1. Bersiin muka dulu dengan susu pembersih
Totolin ke muka, trus pijat dengan gerakan memutar pake jari2 kita, baru bersihin pake kapas, arahnya ke atas!)

2. Trus pake sabun wajah.
Aku inget banget kata dr. Dewi Inong SpKK pas acara kecantikan muslimah, kalo sabun wajah tuh penting! pilih yang pHnya seimbang = 5.5

3. Abis dibilas sampe bersih, uapin wajah kita di atas waskom isi air panas yang masih beruap selama 5-10 menit biar pori2nya bisa ngebuka

4. Trus keluarin deh pake komedo ekstraktor yang udah direndam pake alkohol 70%.

5. Baru setelah selesai, olesin pake astringent atau face tonic atau alkohol 70% biar gak infeksi.

Notes:

  • Alkohol 70% ada di supermarket dan apotik.
  • Kalau mau di salon, ati2! Alatnya kudu steriiiill!! Ati2 penyebaran penyakit berbahaya kayak hepatitis. oke!?.
  • Biasakan selalu mencuci tangan sebelum ngutak-ngatik wajah anda sendiri...kecuali kalo siap menanggung resiko nya..hihiii =9
  • Komedo ekstraktor tuh bisa dibeli sendiri di toko2 kecantikan. Murah kok, gak nyampe 10ribu.