December 23, 2009

Ketika...selamat tinggal bagian bedah.

Selama 9 minggu aku koass di bagian bedah,
banyak banget hal yang aku pelajarin...justru saat aku jaga di Unit Gawat Darurat..

Bukan hanya bagaimana menolong pasien dengan cepat dan tepat,
Bukan hanya bagaimana memasang infus, mengambil darah, meyuntikkan obat, atau menjait luka,
Bukan hanya bagaimana mendiagnosa penyakit pasien.





Lebih dari itu semua,
Belajar untuk lebih berempati,
Belajar untuk lebih bersabar,
Belajar untuk menjadi dokter yang memandang pasien sebagai manusia seutuhnya : punya rasa takut, punya rasa cemas, takut menghadapi penyakit, kepergian, dan kematian..

Dan yang paling penting dari itu semua,
Belajar mensyukuri nikmat sehat dan nikmat hidup dari Allah Swt, yang seringkali terlupakan dan terabaikan...

NB. Foto sama tim jaga bedah, saat selesai jaga bedah yang terakhir. Foto yang paling atas lucu yaaa:D itu lokasinya di depan UGD RS Hasan Sadikin Bandung. And the clothes? Thats our 'uniform' for the ward shift...i know its not cute at all:p thanks to anggana,,he's a good photographer!

December 22, 2009

December 18, 2009

Ketika...makan sambal ijo yuks!

Minggu kemarin, aku sama bunda sepulang belanja dari BIP (FYI, Bandung Indah Plaza-mall paling tua tapi masih eksis sampe skarang di bandung, hehehe:p) langsung kelaperan..maklum udah msk waktunya makan siang (aku sama bunda emang lebih sering belanja pagi2, byar gak rame bgt).

Tadinya kita mau makan nasi timbel, tapi akhirnya bunda kepikiran buat makan di RM Sari Rasa. Aku yang emang belum pernah nyoba makan di RM yang konon terkenal dengan sambel ijonya itu, akhirnya jadi kabita.

"Mauuu!!!"

Jadi akhirnya aku sama bunda mampir ke RM Sari Rasa, yang letaknya di Jl. Natuna no.29. Byar gampang ke sana, bisa lewat Jl. Naripan. Byasanya sih susah dapet tempat parkir, tp untungnya, kita langsung dapet tempat parkir karena kebetulan ada mobil yang keluar.

Pas masuk ke dalam, wuuuiih! PENUH!!! tapi...yang bikin puas, karena pelayanannya cepet. Dalam hitungan beberapa menit saja, udah terhidang berbagai makanan di atas meja. Ada ayam goreng, ikan, tahu, tempe, lalap, perkedel jagung, sambal ijo,dan CIMPLUNG. Apakah cimplung itu??
Hihi, ini juga konon adalalah andelan RM ini. Cimplung tuh kayak perkedel kentang, tapi yang lucunya, bentuknya kayak bola pingpong, dan kalo dimakan kayak kenyel2 gitu. Aku sendiri gak terlalu suka...hehehhe. Sayang, si cimplung ini lupa aku foto :p


Sambel ijonya sendiri rasanya gak terlalu pedes. Menurut aku justru lebih kerasa adalah rasa tomatnya, asem2 gitu. Sensasinya lucu di lidah, hihii. Makanya aku terbengong2 pas ngeliat orang2 yang banyak banget makan sambel ijo ini dengan lahapnya, kayaknya emang sambel ijo ini pas di lidah banyak orang. Terbukti selama aku ma bunda makan, orang2 terus berdatangan, gak berhenti2:) Dan melihat para pelayan yang dengan sigap melayani, jadi inget koass2 yang sigap melayani pasien di UGD.

Membayangkan suasana UGD. Pasien baru dateng.
"Dek, cepet pasang infus. Lab lengkap. AGD juga. Oh iya sama kateter. NGT juga deh ya. Trus masukin juga Ranitidin sama Ketorolac. Ranitidinnya bolus, Ketorolacnya drip. Ceftriaxon juga deh de, jangan lupa skin test dulu ya"

Sang Koass dengan sigap menuruti perintah sang residen, sambil melayani pasien.

Yang uniknya, di depan RM Sari Rasa ini banyak yang jualan buah nangka. Bingung kan kenapa? Hehehe, sama ada kue apek juga. Anyway, harga di RM Sari Rasa ini terjangkau banget loo. Sambel ijonya gratis, dan cimplung aja cuman 1500. Hehehe:D

Tunggu wisata kuliner aku berikutnya yaa!
XoXo aul.

December 12, 2009

Ketika...sunblock yayyy!:D

Kemarin aku baru beli sunblock nih:) heheee. sebenernya kan baru juga minggu kemaren beli L'oreal White perfect yang juga mengandung SPF 15, cuman gosipnya Parasol is the best sunblock. Dan karena termakan gosip inilah, gw beli sunblock lagi *dasar cewek gampang termakan gosip!* heheheee.

Tp tentunya byar gak merasa bersalah banget, akhirnya aku buka2 web, nyari info tentang si Parasol ini. Taraaaa!! Ternyata memang banyak dokter kulit yang menyarankan pake Parasol bahkan membuat racikan dari bahan Parasol sendiri. Banyak banget loh orang yang cocok pake Parasol ini. hehehe...aku sendiri belum pernah nyoba pake parasol, kayaknya bru entar siang pas mau keluar rumah:)

Ngomong2 tentang sunblock..udah ngerti belom tentang sunblock?

Well..ini yang aku baca dari buku bikinan seorang dokter kulit favorit aku, dr.Dewi Inong, SpKK..dia ngebuat sebuah buku berjudul Beauty Guide : merawat kecantikan muslimah dari ujung rambut sampai ujung kaki yang isinya konsultasi kecantikan dia sama pasien2nya.

Sunblock buat orang Indonesia itu sebenernya dianjurkan yang SPF 15 atau lebih.
SPF 15 artinya diharapkan bahwa kulit tahan 15 kali lebih lama untuk tidak terbakar sinar matahari dibandingkan orang yang tidak memakai tabir surya.

Karena kulit orang Indonesia rata2 terbakar dalam waktu 20 menit, maka dengan SPF 15 diharapkan kulit terlindung dari matahari dalam waktu 300 menit. Simple kan perhitungannya? Atau bisa juga disebut dengan pemakaian SPF 15, maka sinar matahari yang masuk hanya 1/15-nya:)

Parasol sendiri adalah suatu sunblock yang terkenal dengan kandungan Non PABA-nya. PABA (Para-aminobenzoic acid) ini berdasarkan penelitian sering menyebabkan iritasi dan alergi. So, kosmetik non-PABA cocok banget buat orang2 yang berkulit sensitif. Begicuuu...

Jadi jangan pernah lupa pake sunblock yaaaah kalo keluar rumah, daripada makin gosong hehehe..ngelindungin dari kanker kulit juga looh:) ada yang punya sunblock yang direkomendasiin ? bagi2 dong:)

December 5, 2009