Posts

Showing posts from 2012

Ketika...Rashdan (bukan) foto model :D

Image
Minggu lalu, untuk pertama kalinya Rashdan dibawa ke studio foto. Dasar emak2 pemalas, pokonya tanpa survei atau apa, aku langsung mutusin untuk foto di Papyrus Jl. Bengawan. Alesannya? Sbenernya sih seringnya ke Jonas, cuman males karena takut rame, trus bosen aja pengen nyoba yang baru. Trus sebenernya pengaruh bundaku juga sih : "Mbak, temen bunda ada yang foto di Papyrus keluarganya, jadi cantik deh hehe..yuk disana aja" (ini muji apa ngejek ya sbenernya?)

Rencananya sih Rashdan cuman foto sendirian, tapi ternyata Nenda (panggilan Rashdan ke neneknya di Bandung) pengen ikutan. Yo wis..diputuskan akhirnya hari jumat pagi kita ke Papyrus sebelum Nendanya kerja siangnya. Sebenernya udah feeling gak enak sih, jam2 sgitu kan Rashdan suka ngantuk...dan benar saja saudara2!

Ya, begitu nyampe di dalem studio fotonya... Rashdan nangis terus2an! Nangis-diem-mewek-treak-diem-senyum sedikit-nangis-mewek-dan begitu sterusnya.. Alhasil udah deh, foto gak konsen, boro2 ganti kostum, ya…

Ketika...menyusun rencana dana pendidikan bagian 2

Image
Judulnya bagian 2, artinya ini memang kelanjutan dari post aku sbelumnya. Akankah bersambung ke bagian 3, 4, 5, dan sterusnya? Haha, tampaknya, berasa sinetron banget gak sih. Tapi scara aku emak-emak rempong yang lagi suka sok-sok nysun rencana dana pendidikan, jadi ya siap-siap aja kalo lama kelamaan berasa kejar tayang. Hihihi.

Okey akhirnya stelah membaca berbagai buku primbon alias blog dan website kesana kemari, akhirnya aku dan abang dengan resmi akan menggunakan tabungan biasa untuk Rashdan playgrup dan TK dalam waktu 3-4 tahun ke depan (ini sih kayak nabung biasa aja cuman dipisah tabungannya), sedangkan tabungan pendidikan untuk Rashdan masuk SD insyaAllah 5 tahun lagi. Why oh why?

Hmm. Sbenernya ada yang berpendapat kalo untuk ngumpulin dana di atas 3 tahun, harusnya udah pake produk investasi ya. Tapi ada juga yang bilang kalo masih di bawah 5 tahun, gapapa pake yang produk kayak tabungan, tabungan pendidikan, etc. Nah aku pake pendapat yang kedua. Akhirnya stelah minta pe…

Ketika...kenalan sama Lirik

Image
Baru nyadar, belum sempet cerita banyak tentang penempatan abang sekarang. Iya sejak kira2 kurang lebih satu tahun yang lalu, abang dapet penempatan di sebuah kecamatan di provinsi Riau kabupaten Indragiri Hulu, yaitu kecamatan Lirik. Kecamatan Lirik ini letaknya sekitar kurang lebih 4 jam dari Pekanbaru bila ditempuh mobil dengan medan yang...yu ya ya yuuuuu... *silakan terjemahkan sendiri hehe*
Pertama kali ke sini gimana? Well aku pertama kali menginjakkan kaki di Lirik itu tanggal 23 Juli 2011, dan aku inget aku nangis hampir di sepanjang perjalanan. Nangis karena inget bundaku yang nangis di depan pintu pas ngelepas aku pergi. Besok2nya masih syok karena trnyata Lirik tuh sepi bangeeet, kagak ada mall, bioskop, bahkan Indoma*et atau Alfam*rt pun gak ada! Di sini juga susah banget nemuin kendaraan umum, pdhl jalannya naik turun meski beraspal, karena smua orang nampaknya punya kendaraan minimal motor. Kecamatan Lirik ini bukan kecamatan yang miskin atau gimana ya temen2, jus…

Ketika...mari menghitung dana pendidikan!

Image
Setelah 'dicambuk' keras2 abis baca bukunya Mbak Ligwina Hananto, akhirnya aku SADAR DENGAN SEPENUH HATI bahwa aku harus amat sangat mulai berinvestasi dari sekarang. Selama ini aku bisa dibilang amat santai, pemasukan yang masuk dengan 'bodohnya' aku tabung aja...dan merasa sudah cukup aman dengan tabungan. Pdahal? SALAH BESAR saudara2! 
Aku memang nyadar kalo selama ini, banyak banget fasilitas yang aku dapet dari perusahaan suami. Rumah dinas dengan smua tetek bengeknya, dana kesehatan dan dana pendidikan yang sbenernya juga ditanggung, dan masi banyak lagi. Tapi aku lama2 sadar, bahwa aku gak boleh seenaknya terlena. Apalagi lama2 aku mikir, kalo selama ini aku gak bayar gas, listrik, telpon, bla bla bla... lalu UANG KITA SELAMA INI KEMANA??!! *garukin tembok sambil frustasi*. Well, kita gak pernah tau apa yang terjadi di masa depan... dan sungguh menyiapkan dana pendidikan buat Rashdan sekarang adalah bentuk ikhtiar kita untuk menghadapi segala kemungkinan buruk …

Ketika...waktunya Sapi Lada Hitam ala Keluarga Asysyarif :D

Sekali kali pengen dong ah nulis resep di blog ini. Hahaha. Iya, ini resep andalan aku, masaknya mudah bangeeeet. Aku aja yang gak jago masak, bisa kok. Dan...dapet banyak pujian loh, kataya ENAK :) Enak banget atau...enak banget banget banget? :p


Bahan rendaman daging
Daging sapi yang sudah dipotong2 dan direbus sebentar (air kaldunya jangan dibuang ya, campur aja sama bahannya) kira-kira 1/2 kg direndam dengan :
3 sendok makan kecap manis
1 sendok makan kecap asin
3 sendok makan saus tiram (merk Sa*ri juga boleh)
1 sendok makan gula pasir
Diamkan selama kira-kira 15 menit sambil kita menyiapkan bahan yang lain

Bahan lain
1 buah paprika, iris panjang-panjang
1 siung bawang bombay, cincang
3 siung bawang putih, iris tipis2
1 sendok makan lada hitam bubuk 
1 sendok makan minyak wijen (harus ya!)
Garam secukupnya

Cara memasak:
1. Tumis bawang putih sampai harum
2. Masukan daging yang sudah direndam dengan kecap manis, kecap asin, saus tiram, dan gula.
3. Masukan lada hitam dan minyak wi…

Ketika...pertama kalinya Rashdan keluar negeri

Image
Tanggal 20 Oktober 2012 kemarin adalah pertama kalinya Rashdan ke luar negeri. Yeaaay! Sebenernya ini smua di luar rencana. Memang dari awal, aku selalu pengen ngejadwalin kita sekeluarga liburan tiap tahun. Gak harus ke luar negeri tentunya, wong di Indonesia aja banyak banget tempat wisata yang belum dikunjungin kok.

Terus kenapa milih Singapore? Yup, karena kebetulan ayahnya Rashdan harus menjalani pendidikan di Singapore selama kurang lebih 3 bulan. Asoy geboy kan, sambil menyelam minum air. Jadi aja, untuk liburan tahun ini agendanya ke Singapore.

Pengen banget nulis detail ttg detail perjalanan Singapore tapi apa daya gak sempet, haha sok sibuk ya. Dengan tugas akupuntur yang menumpuk, ujian makin deket, jadilah kalo di rumah dan ada waktu senggang sedikit dihabisin buat leyeh2 belajar n nyicil tugas yang seharusnya udah dicicil dari berapa bulan lalu.

Pas ke Singapore kemaren, aku sama Rashdan paling baru bisa jalan2 yang jauh sama ayahnya kalo ayahnya lagi libur. Kalo hari2 bi…

Ketika...persiapan bayi naik pesawat

Image
Hai hai hai!
Udah lama banget rasanya gak nulis blog. Sibuk? Sebenernya enggak sibuk-sibuk amat sih. Tapi nemu mood buat nulisnya itu loh. Kalo ada waktu, eh gak mood. Kalo lagi mood, eh Rashdannya lagi gak bisa ditinggal. Hihi.

Tiba-tiba aja pengen bagi tips buat ibu2 yang mau bawa anaknya naik psawat. Kenapa aku merasa kompeten untuk nulis artikel beginian? *tsaaaah*. Bukannya nyombong ya ibu2, cuman pamer aja kok, kalo Rashdan itu udah...hmmmm 8 KALI NAIK PESAWAT! Yoai, adek2 aku aja kalah, padahal adek aku udah kuliah tingkat akhir sedangkan Rashdan baru 7 bulan. Hahaha.

Rashdan naik pesawat sebanyak 8 kali, dengan rute penerbangan:
Bandung-Pekanbaru (pas pertama kali Rashdan dibawa ke Lirik-Riau, tempat dinas ayahnya Rashdan)Pekanbaru-Jakarta (dalam rangka mudik ke Bangka, kampung halaman ayahnya Rashdan, kudu transit dulu di Jakarta)Jakarta-PangkalpinangPangkalpinang-Jakarta (karena abis itu ngunjungin ortu di Bandung)Bandung-Pekanbaru (balik lagi ke Lirik)Pekanbaru-Bandung (aku …

Ketika...barang bayi apa YANG BENAR-BENAR PERLU dibeli (bagian 2)

Image
Ha! Ini meneruskan posting aku sbelumnya ya! Hehe. Tiba2 dapet wangsit nih, ada barang lain yang harus juga dibeli..

4. BREAST PUMP

Ini juga aku telat belinya! *jangan ditiru ya ibu2*. Gara2 kelamaan mikir mending manual atau elektrik, mending avent atau medela, eh jadinya ampe brojol, breast pumpnya belum kebeli. Baru berasa banget perlu breast pump pas Rashdan ternyata harus difototerapi, dan aku harus nyetok ASI di RS. Huaaaa.. Ogah banget kalo sampe harus pake sufor. Makanya bela2in mompa, meski kadang abang harus nganter ASIP jam11 malem *kecup2 basah* *eh jadi ngelantur*.

Di RS aku sempet nyobain pake breast pump elektrik yang disediain, dan alamaaaak..sakit banget! Sampai berdarah pulak :( Makanya akhirnya dengan mantap aku langsung milih untuk beli pompa manual..meski emang lebih pegel dikit, tapi kapok bo pake yang elektrik. Jadi sekarang aku pake Medela Harmony. Puas n gak mengecewakan kok. Cuman ya itu, gak ada tutup corongnya kayak Avent.


5. LAMPU TIDUR

Random banget kan? Kok t…

Ketika...barang bayi apa YANG BENAR-BENAR PERLU dibeli.

Image
Kali ini aku pengen nulis tentang barang2 apa yang sbenernya memang perlu banget dibeli untuk baby. Sebagai emak yang masih muda *lirik kaca*, tentu awalnya kerasa bgt bingungnya untuk nentuin barang2 apa aja yang perlu dibeli. Dan akhirnya malah ngabisin duit buat hal2 lain yang sbenernya gak begitu perlu. Oke, skg aku coba list ya apa aja yang menurut aku perlu banget dibeli: (anyway, ini maksudnya barang2 yang harganya lumayan mahal dan di luar kebutuhan primer kayak baju, celana, topi, clodi, etc ya)

1. STROLLER

PERLU BANGET! I cant imagine if i dont have one. Meski aku ngiler dengan stroller2 yang merknya bikin nyesek *karna harganya ampe 7 jutaan*, tp akhirnya pilihan aku sama abang jatuh ke stroller Chicco Liteway. Sengaja gak beli yang gede2, krn aku pengen stroller yang gampang dilipet2, ringan, tapi tetep aman dong. Selain itu, HARUS BISA DIPAKE SEJAK NEWBORN.
Ini nih stollernya Rashdan...cakep kayak emak n anaknya :D

Ya, krn aku tipe emak yg suka males gendong lama2 dan terus2a…

Keika... Pempem!

Image
Sebenernya aku bukan emak-emak yang makein anaknya clodi sejak newborn. Alesannya krn waktu itu ART belon dateng, dan males kalo harus nyuci semua clodi sendiri *hihi, ktauan pemalesnya ya*. Akhirnya pas ART udah dateng, aku mulai berani makein Rashan clodi. Clodi yang aku beli paling banyak merk Pempem. Kenapa? Hmm..jujur awalnya tentu krn harganya yg murah meriah :D *mak2 pelit eh irit eh* trus designnya lucu2, dan menurut review yang aku baca, gak mengecewakan kok. Pempem ini punya insert tipe microfiber dan bamboo. Karena waktu itu aku msh buta perclodian ini, ya wis aku beli 2-2nya. Trus aku juga coba yg iketannya di pinggang (duuuh apa sih istilahnya?) tipe velcro sama snap.

Pertama kali makein Rashdan clodi merk pempem, apa yang terjadi? YUP, BOCOR maaaak! Huff. Bocor samping krn ternyata msh kegedean. Untunglah aku bukan emak2 yang trauma, beberapa hari kmudian aku pakein lagi..dan VOILA! Passs banget di pantat endutnya Rashdan! Hihi.

Kelebihan Pempem:
- Ukurannya bisa disesuain…

Ketika...i dont know what i feel right now.

Hmm..Nulis posting ini jam 11 malem, di saat Rashdan (akhirnya) tidur juga.

Well.

Entahlah. Merasa bersalah sama abang karena aku ngambek. Pdhl cuman gara2 dia tetep tidur pas aku nyusuin Rashdan yang lagi 'heboh'. Alhasil aku bete, dan seperti kata orang bahwa bayi bs tau suasana hati kita, makinlah Rashdan heboh dan nyusu dengan gak tenang.

Aku tau abang capek, kalo dipikir2 kenapa aku egois banget ya? Padahal abang selama ini juga slalu bantuin aku kok, bantuin aku ganti popok, ngelonin Rashdan...errrgh ada apa sih dengan hormon ini? Udah gitu rasanya males aja mau minta maaf sama abang. Gengsi men *namanya juga cewek*.

Ah, seandainya aku gak sempet minta maaf, aku cuman mau ngucapin maaf ke abang lewat tulisan ini. Maaf karena sebenarnya, u r the best husband in the world. I love you *mewek*

Ketika...akhirnya lahir juga!:)

Image
Hallo smuanya. Akhirnya si dedek kecil yang super anteng ini mau keluar juga dari perut ibunya (iya, aku dilangkahin beberapa kali hahaha).

Pagi itu hari Minggu, 8 April 2012. Sekitar jam 03.00 pagi, aku kebangun karena kebelet pipis. Tapi kok, saat kebangun itu, perut mulai terasa mules. Awalnya aku diemin aja, karna kemarin2 juga sering mules2 tapi gak beraturan. Tapi yang ini beda. Mulesnya tiap 10 menit sekali, pokoknya teratur. Akhirnya aku bangunin abang yang lagi bobo. Aku bilang, sekarang aku ngerasa mules, tapi udah teratur. Setelah solat subuh dan sarapan, kita berdua berangkat ke RS Hermina Pasteur. Perasaan aku? Antara seneng karena mungkin sebentar lagi malaikat kecilku akan tiba, tapi deg2an juga..soalnya ini kan pertama kalinya mau melahirkan. Hehe.

Sampe di RS Hermina, aku dibawa ke ruang VK alias kamar bersalin. Dan tibalah saat yang paling gak aku suka, yaitu PEMERIKSAAN DALAM. Oke. Pemeriksaan dalam itu sakitnya...gak enak banget pokonya. Eeergh. Jadi merasa bersala…

Ketika...Bonus pertama dari Oriflame :D

Image
Hai, bumil 39 minggu yang skg lagi jadi pengangguran *dan baby nampaknya masih anteng2 aja,hahaha* skg mau bagi2 pengalaman stlh 2bln join di Oriflame. Yes, masih baru 3% cyiiin... Liat deh, bonus aku aja masih di bawah 30 ribu perak! (ini maksudnya bonus di luar keuntungan katalog yaaa). Sebenernya sempet nyesek karena kurang 93 BP lagiii untuk nyampe 6%..Tapi apa daya cyiin, udah mepet waktunya, n lagi hemat mati2an :D

But still, perjalanan ini masih panjang kok. Kalo orang lain aja bisa dapet bonus ampe jutaan perbulan, kenapa gw enggak? :D Pasti bisa kok...sedikit2 lama2 jadi bukit! Pokonya kudu smangat cari biaya buat skolah lagi HAHAHA..

Ketika...banyak sekali hal baru untuk dipelajari.

Image
Aaaaargh!
Udah lama banget ya gak nulis blog. Hey. Hidup gak kerasa udah jauh banget berubah, mulai dari aku nikah, pindah tempat tinggal ke Riau yang sepinya minta ampun, mulai bantu di Puskesmas Lirik-Riau, dan skg udah cuti krn mau melahirkan (sambil nunggu melahirkan, skalian ngambil les akupuntur di Bandung).

Ya. Hidup memang kadang mudah skali berubah. Berpindah. Tapi kita gak bisa tumbuh dewasa tanpa melakukan perpindahan kan? Dan ingat kata pepatah, there is no comfort in growth zone, and there is no growth in comfort zone. Yang jelas sejak aku menikah dan tinggal di Lirik, aku BELAJAR BANYAK banget : mulai dari merasakan susahnya menjadi istri yang harus mengatur pengeluaran dan tetek bengek rumah tangga, bergaul dengan ibu2 (yang tentu jauh banget berbeda dengan gaul sesama anak seumuran), belajar bersosialisasi dengan penduduk desa yang tentu gaya hidupnya beda dengan di kota, dan sampai belajar hal-hal kecil kayak menahan diri gak ke mall (KARENA GAK ADA MALL! HAHAHA) dan be…