Posts

Showing posts from 2017

Ketika... apa itu eksfoliator? Samakah dengan peeling?

Kenapa saya tiba2 ingin membahas peeling?

Iyap. Saya tiba2 terinspirasi dengan banyaknya produk brand Korea yang sekarang ngeluarin banyak produk exfoliator dengan kandungan Glycolic Acid (slanjutnya saya singkat GA). Nah sbenernya ngaruh atau gak sih? Well produk ini sebenernya mengandung kadar GA sangat rendah, aman digunakan. Tapi untuk hasil lebih maksimal, lebih baik kamu melakukan peeling di dokter spesialis kulit.

Saya yakin banyak diantara kita yang sering mendengar istilah peeling untuk kulit, terutama kulit wajah. Antara serem dan penasaran, peeling tuh apa sih? Kulit kita akan dikelupaskan seperti apa? Serem gak?

Peeling kimiawi merupakan suatu mekanisme pengelupasan kulit yang terkendali menggunakan bahan kimia, yang bertujuan untuk merangsang pembentukan jaringan kulit yang baru. Peeling jenisnya macam-macam (salah satunya GA), dengan target kedalaman yang berbeda2, tergantung konsentrasi yg digunakan. Misalkan peeling yang satu sifatnya sangat superfisial dan hanya menge…

Ketika... dokter spesialis kulit dan kelamin sama dengan dokter kecantikan?

Image
Saya seringkali mendengar dan melihat bahwa orang-orang di sekitar saya suka menyamakan istilah dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK) dengan dokter kecantikan atau dokter estetik. Sebenernya orang-orang ini enggak salah 100% sih, karena mungkin memang slama ini kebanyakan orang tidak mengerti kalau istilah ini jauh berbeda. Tanpa sama sekali berusaha untuk menyudutkan profesi yang satu atau meninggikan profesi lain, kali ini saya akan sedikit memberi gambaran kenapa dokter SpKK tidak sama dengan dokter kecantikan maupun dokter estetik.

Dokter SpKK adalah dokter yang sudah menempuh pendidikan dokter spesialis selama kurang lebih 8 semester alias 4 tahun. Untuk bisa menjadi seorang residen (yaitu dokter yang sedang menempuh pendidikan spesialis), kita melalui proses yang cukup panjang, yaitu dari ujian tulis hingga wawancara. Ketika sudah diterima, kita akan menjalani pendidikan di RS pendidikan tertentu. Jadi jangan bayangkan kuliahnya hanya duduk dan menerima pelajaran, tapi yang…

Ketika... akhirnya SpDV!

Image
Alhamdulillah.
Tepat di tanggal 8 Agustus 2017 (my daddy's bday), aku dinyatakan lulus (lulus booo lulusss akhirnya) sebagai spesialis Dermatologi dan Venereologi (istilah sbelumnya spesialis kulit dan kelamin) dari Dept Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin UNPAD Bandung!

Rasanya gimana?

Oke, di saat sebagian besar orang akan tersedu, menitikkan air mata, nangis saat dinyatakan lulus abis maju tesis.. sperti biasa si emak aneh ini cuman bisa cengar-cengir. UDAH GAK BISA NANGIS LAGI BO! Hahahaha *sombong critanya* eh maksudnya saking udah seringnya nangis *yaaah sebenernya gak sesering itu juga sih nangis, aku nih gini2 kuat lalala*, aku udah gak bisa lagi nangis! Dalam pikiran aku cuman pengen pulang ke rumah, mandi, keramas, ganti daster, bersiin muka *wajib hey!*, bobo sambil ngelonin ayesha dan rashdan. Simpeeeel!

Maka izinkanlah aku berterima kasih pada orang2 di bawah ini (yang gak bisa aku sebutkan satu persatu)--tanpa mengurangi hormat, mhn maaf kalo gelar lengkap gak aku tul…