April 24, 2011

Ketika...vaksin kanker serviks :D

Ayo siapa yang baca ini dan udh ngelakuin vaksin kanker serviks? Ngacuuung!

Hahaha. Aku yakin pasti lebih banyak yg belum, malah jangan2 ada yang bilang: "Eh emang ada ya vaksin kanker serviks?" :p. Hehe, gak papa. Yang penting habis baca posting ini jadi tau ya?:)

Yup, vaksin kanker serviks adalah suatu bentuk pencegahan yang sebenernya paling efektif dalam menanggulangi kanker serviks itu sendiri. Sebelumnya aku critain dlu ya mengenai kanker serviks:) (jangan nganggep aku jenius atau apa, ini aku ambil dari catetan obgyn aku pas koass skitar..hmm..1 atau 2 taun yang lalu. hahaha. tapi tentu berguna banget, langsung dari dokter ahli kandungan soalnya haha)

Kanker serviks atau kanker mulut rahim, adalah kanker pd wanita yang mnduduki No 1 di Indonesia. Yes, not breast cancer lo say! Kanker serviks ini sebenernya perjalanannya lama, artinya dari saat virus menginfeksi sel hingga akhirnya menjadi lesi kanker itu memakan waktu bertahun2 lamanya.

Penyebab dari kanker serviks itu sendiri: skitar 96% berhubungan dengan infeksi HPV (Human Papillomavirus)dan skitar 76,8% disebabkan tipe 16,18. Orang2 yang beresiko tinggi untuk kena kanker serviks adalah:
- infeksi HPV
- berganti2 pasangan seksual
- status sosio-ekonomi yang rendah
- merokok
- riwayat terkena penyakit infeksi menular seksual sebelumnya
- dan kombinasi semuanya

Nah seperti yang udah aku terangin sebelumnya, infeksi HPV ini yg paling besar berhubungan dengan terjadinya kanker serviks. Artinya apa? Ya, artinya, KITA SEMUA BISA TERINFEKSI, DAN KITA SEMUA BERESIKO UNTUK TERKENA KANKER SERVIKS. Tau gak, kalau 1 wanita di Indonesia meninggal setiap jamnya karena kanker seviks? Tau gak, kalau di Indonesia, setiap harinya 40-45 wanita terdiagnosis kanker serviks?

Merinding gak dengernya?

Sayangnya...kita sebagai cewek sering gak peduli dengan hal seperti ini. Padahal kanker serviks itu BISA BANGET dicegah. Caranya? Dengan melakukan skrining (untuk wanita yang sudah berhubungan seksual), dan vaksin kanker serviks. Rekomendasi pemberian vaksin kanker serviks, di luar negeri, malah sudah dimulai sejak usia 9 tahun. Do u believe it?:)

Kebetulan karena beberapa bulan lagi InsyaAllah aku berencana akan menikah, makanya aku memutuskan untuk melakukan vaksinasi kanker serviks skrg juga. Berhubung aku blm termasuk golongan perempuan yg sudah berhub seksual, makanya aku langsung divaksin tanpa dilakukan skrining. Vaksin ini aku lakuin sama dr. Asty, SpOG di poliklinik tempat aku magang skarang:) Vaksin ini dilakukan saat kondisi gak lagi menstruasi, gak lagi sakit, pokonya badan kudu fit. Vaksin ini harus aku lakukan 3 kali (bulan ke 0,1, dan 6). Nih gambar vaksin aku (dikasih sama dokter Asty hihi).


Sekali lagi, bukan bermaksud promosi Cervarix ya. Tapi ini yg aku gunain kemarin.
Vaksin kanker serviks itu ada merk lain,
nanti kamu bisa konsul sama dokternya sendiri apa yang bakal digunain:)


Bundaku juga divaksin lo! Tapi tentunya bundaku diskring dlu, dengan dilakukan Pap Smear. Kenapa hrus dilakukan skrining dlu? Iya, karena vaksin ini gak ada efek terapetiknya...jadi pastiin dlu hasil skrining normal, baru bisa divaksin.

Nah skg, udah mulai berencana untuk melakukan vaksin kanker serviks? Well, DO IT NOW! menurut aku, gak perlu lah mikirin masalah biaya yang mahal (skali vaksin bisa skitar 800rb-1jutaan,trgantung biaya jasa dokternya juga) karena percaya deh, biaya seandainya kita terkena kanker serviks itu jauuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhh *baca sampai mulut kamu monyong!haha* lebih mahal :)

Yuk cegah kanker serviks dari skarang!:)

for more info: click http://www.kankerserviks.com