March 28, 2010

Ketika...koass berjuta rasanya!;)


Alhamdulillah..

Tak terasa, rupanya Jumat kemarin, tanggal 26 Maret 2010, mungkin adalah hari terakhir aku dipanggil KOASS. Hihii..Buat yang gak tau apa itu KOASS, alias dokter muda, Koass adalah sebutan buat mahasiswa sarjana kedokteran yang lagi menuntut ilmu (kayak magang) di rumah sakit. Sebagai koass, kita harus melewati semua bagian yang ada, karna tentunya kita 'dicetak' untuk menjadi dokter umum... Kebetulan sbagai sarjana kedokteran dari Universitas Padjadjaran Bandung, otomatis aku koass di Rumah Sakit Hasan Sadikin - Bandung. Selama 1,5 tahun, aku melewati berbagai bagian yang memiliki keunikan dan crita masing2:

Anestesi dan Reaminasi
Radiologi

Ilmu Kesehatan Jiwa
Forensik

Saraf
Anak

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Kebidanan dan Kandungan

Gigi dan Mulut

Telinga, Hidung dan Tenggorokan

Mata

Bedah

Ilmu Penyakit Dalam

dan

Kulit dan Kelamin

Well. apa yang aku rasain skarang? Jujur...di satu sisi, aku sangat bersyukur pada Tuhan karena langkahku menjadi dokter semakin dekat, tapi di satu sisi...aku gak bisa bohong, kalau aku ngerasa sediiih banget meninggalkan masa-masa koass. Meskipun koass dibilang merupakan kasta terendah di sebuah rumah sakit, bahkan lebih rendah daripada kucing (ini kata orang2 looohhh hahahaha), dan dimana-mana koass selalu salah (HAHAHAA!:P)...

Selama koass aku ngerasa kebantu banget sama temen2, residen, pembimbing alias para konsulen, juga para perawat (meski kadang ada yang perawatnya galak2 apalagi ma koass...hahahaa). Makanya di akhir koass ini, izinkan aku untuk mengucapkan terima kasiiih buat semuanyaaa.... dan tentunya, trutama buat temen2ku tercintaaaa....dimana susah dan senang kita lewatin bersama...:D saat2 belajar, main, kabur, bersenang-senang, ujian...huaaaa... koass memang berjuta rasanya!;)

aku bakal selalu kangen dengan masa-masa ini!
foto2 terusss bahkan sampe diem2 nyusup ke dalam ruangan yang sebenernya gak boleh didudukin koass! hehehe

meski silau,tetep harus FOTO depan rumah sakit mata cicendo!!:D

abis autopsi di forensik...yuhuuu!!!




foto2 di bukit dago...bagus banget !

jaga. koass masih bisa..tidur dan kabuuurrr!! hahaha....*bayangin kalo udah jadi dokter beneran?:P*

"kecapean" nungguin bayi yang gawat..

wahai para anak-anak, jangan ditiru yaaah...balon ini khusus buat orang dewasa! haha!


Skrang, jelas aku mengerti, kenapa kesejawatan antar dokter sangat kuat dibandingkan profesi lain di dunia ini!;)

Doakan yaaa...agar kami, para generasi muda bangsa ini, bisa menjadi dokter-dokter yang hebat di masa depan, yang mampu mengankat derajat kesehatan di Indonesia menjadi jauh lebih baik.

Selamat liburan dan selamat ujian teman-temaaaan!:D (YES, we are going to have our comprehensive exam!!huuffff!) C u guysss....hugz!;)

15 comments:

Riesta Emy Susanti said...

sukses ya...
smoga menjadi dokter yg sukses...

aulia said...

makasih riestaaa:)

tealovecoffee said...

moga sukses, Auliaaa...
subhanallah,,,, kereeennn mau jadi dokter! ^^

dEe said...

wah,selamat ya mba..^^
ehehe..salam kenal =)

Clara said...

wahhh calon dokter
hebat ^^

mummy™ said...

selamat ya jeng aulia, semoga bisa menjadi dokter yang dibanggakan bangsa indonesia, yang bisa mengedukasi pasiennya dan bisa menjadi dokter yang RUM

Meta Ayu Fitrian said...

waahh...
jd pgn cepet koass jg kak !
tp katanya koass tu nyeremin ya kak ?

aulia said...

makasih semuanyaaa...

@tia. beneran mau jadi dokter? hehehe..kita aja kadang suka iri lo ma orang2 yang bukan dokter...hehehe:P rumput tetangga memang kadang terlihat lebih hijau:P

@dee. salam kenal juga:)makasih!

@clara. amiiin.:)

@mummy. makasihh..amin:)

@meta. gak semenyeramkan yang dibayangkan kok...yang penting mental;) waaah anak FK juga yaaa? semangaaaat ya blajarnya!heheh

merry go round said...

Wuaahh...nice foto, kerasa banget masa2 perjuangan selama koass nya.

btw....kamu beneran otopsi ya? aku hampir muntah dan ngundurin diri dari kerjaan gara2 hal itu. Tak sanggup....

aulia said...

iya sayaaang..hehehe. yaaah mungkin karena belum byasa aja kali yaa, soalnya nafsu makan kita tetep banyak meski autopsi berkali-kali. hahaha:D malah temenku ada yang sambil makan nonton yang autopsi..gila kaaan, hahaha

Elsa said...

bu dokter...
foto fotonya keren banget tuh....

Fatima Aulia said...

mKasih elsaaaa:D

Darsuna Mardhiah said...

aul dah tamat ya..
selamat ya....
klo gw koass nya 2 thn..msh pake sistem lama

Awal Jr said...

liat foto-foto masa ko-assnya berasa mimpi lama yang sempat terabaikan muncul lagi dalam tidur. ketika bangun, i wish dream comes true :) Tahun ini harus lulus di Pendidikan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran. AAMIIN.

aulia said...

suksesss! cepet jd dokter yaaaak :D