January 31, 2010

January 30, 2010

Ketika...ujian bikin gilaaaa:P

Alhamdulillah,

satu ujian terlewati:) hahaha..!
LEGAAA:D


Sekarang aku lagi stase di bagian ilmu penyakit dalam selama 9 minggu. Nah hari jumat kemarin, aku ujian di pertengahan stase. Ujiannya praktek, mulai dari wawancara medis pasien (anamnesa), pemeriksaan fisik, sampe membuat diagnosa banding (jadi kita harus memikirkan kemungkinan penyakit setelah anamnesa dan pemfis pasien), mengusulkan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan suatu diagnosa dan menyingkirkan kemungkinan diagnosa lain, sampe terapinya juga.

Gimana rasanyaaa??

Wuuuiiih tegangnya bukan main. Terutama menjelang 2 hari sebelum ujian (kebetulan aku dapet giliran ujian di kloter awal, yaitu di minggu ke-5), haduuuuh aku rasanya udah gak napak bumi looh! Beneraaan... Apalagi pas ngedenger temenku ada yang diusir dari ruangan oleh penguji, ada yang nangis karena gak jelas diagnosa pasiennya, waduuuuhhh....

Untuk nyiapin ujian, aku hampir tiap hari pulang magrib. Selesai koass jam3 sore, trus aku lanjut "belajar" di ruang rawat inap Melati, RSHS. Mengapa belajar di sini aku kasih tanda kutip? Iya, karena belajar ke pasien tentu beda jauh sama belajar biasanya. Ada etika yang bener2 main di sini, how we treat the patients, di satu sisi kita ingin menimba ilmu dengan memeriksa para pasien, tapi di satu sisi, kita juga harus mengerti mengenai privasi dan kenyamanan mereka:) Makanya aku suka terharu sama pasien2 yang bersedia kita periksa lama2, yang bersedia kita tanya2 dan mereka menjawab dengan sabar, apalagi kalo pas kita selesai meriksa...mrk berucap, "Makasih dok!" atau "Makasih neeeng!" sambil tersenyum tulus:) *bukan ingin diucapkan terima kasih, tapi...rasanya seneeeeng aja bisa memberi sesuatu pd orang lain, meskipun mungkin artinya kecil;)*

Oke, balik lagi ke kegilaan menjelang ujian. Setelah hampir setiap hari pulang magrib karena belajar di ruang Melati, dan sampe rumah aku harus belajar lagi sampe malam dengan bacaan yang kayaknya enggak pernah abis...trus ditambah sering sakit perut, mules, keluar jerawat di jidat, dan gak nyambung sama dunia luar saking tegangnya...(aku sampe susah tidur loooh!hihihi) maka akhirnya tibalah hari ujian itu....

dan aku dapet :
pasien Nn. K, usia 15 tahun, dengan keluhan :
panas badan sejak 4 hari sbelum masuk rumah sakit. baru masuk rumah sakit kamis malam...

dan pengujiku?
Dokter spesialis penyakit dalam ahli penyakit tropik dan infeksi

weeeewwww!!!:D Mantaaabhh...bener2 perpaduan yang pas kan? hehehee:) aku dapet kasus demam, dan pengujiku ahli infeksi...huaaaaa..saat itu aku bener2 tegang...:) Apalagi aku baru tau terapi Demam Berdarah Dengue yang terbaru dari WHO tahun 2009 beberapa menit menjelang ujian!!! Alhasil aku ampe kayak orang gila nginget2 terapi cairan DBD , sambil ngulang terapi itu dengan mulut berbusa2...hahahahaa!!!!!! Konyol banget deh kalo inget kejadian itu...

Tapi alhamdulillah, ternyata pengujiku baik bangeeeet. Beberapa kali aku salah (saat meriksa tekanan vena jugular di leher dan pemeriksaan hepar pada abdomen), tapi beliau malah ngajarin:) senaangnyaaa.... Meski sampai saat ini aku jg belum tau dapet nilai berapa, yang penting aku dah berusaha, dan semua udah lewaaaaaaat:) yipppieeee!! Skarang waktunya bersenang2 lagi, dan kembali lagi ke dunia nyataaa...hehehee:)

Makasih buat keluargaku dan abangku atas doanya:) juga buat sahabat2ku... :hugz!:

*NB. makasih banget buat temen2ku tersayang yg udah ngebantuin slama aku panik2 gila menjelang ujian: Ijan, Melda, Lusia, Pawes, Nia, Festi, Lasti, Renar, Ayud, Aizat...makasiiiih looo!!hehehe.smoga kalian sukses ya ujiannya...u go guys!*

Eleanor Roosevelt quote Pictures, Images and Photos

January 23, 2010

January 9, 2010

Ketika...what is happiness?:)

The 7 Laws of Happiness karangan Arvan Pradiansyah. Sebenernya sih udah lama aku punya buku ini, n this is one of my fav book. Judulnya menurutku menarik banget...dan bikin penasaran. Apalagi bahagia menurutku sesuatu yang sangat subjektif, dan banyak orang di dunia ini yang kerap bertanya, baik lisan maupun cukup dalam hati, atau cukup terlintas dalam pikiran:

"apakah makna dari kebahagiaan?"
"apakah aku bahagia?"

Pertama aku buka halaman demi halaman buku ini, aku makin takjub dengan isinya. Sebelum masuk ke bab mengenai 7 kunci kebahagiaan, penulis menjabarkan dulu makna dari kebahagiaan itu sendiri. Dan ia menegaskan berkali2, bahwa kebahagiaan tidak sama dengan kesenangan. Satu hal yang harus dicamkan, bahwa kebahagiaan berada dalam PIKIRAN.

untuk bahagia,
tak perlu banyak hal..
ada dalam dirimu sendiri..
dalam caramu berpikir.. (Marcus Aurelius)

Setelah itu, di bab berikutnya baru dibahasi tiap kunci menuju kebahagiaan.

Ada 7 kunci yang dijabarkan:
1. Patience
2. Gratefullness
3. Simplicity
4. Love
5. Giving
6. Forgiving
7. Surrender.

Dan membaca buku ini, aku bener2 larut dalam setiap kata2 penulis. Simple, tapi bener2 dalem. Aku paling suka ketika penulis menjabarkan mengenai kunci tertinggi dari kebahagiaan, yaitu pasrah : Surrender. Pasrah disini tentu bukannya terburu2 menyerah dan membiarkan Tuhan untuk segera menentukan hasilnya..tetapi memberi Tuhan lahan untuk bekerja dengan berusaha semaksimal mungkin terlebih dahulu ( ini yang dimaksud lahan oleh penulis:) ), dan memahami lingkaran yang ada:

lingkaran : CAN DO. lingkaran CANT DO.

Akan ada satu titik, di mana kita harus memahami, yaitu akan adanya titik NO CONTROL. Saat semua pada akhirnya berada di luar jangkauan kita. Ketika kita mampu untuk merelakan apapun yang terjadi, setelah tentunya berusaha maksimal, disinilah kita mencapai titik KEBAHAGIAAN tertinggi. Isnt it sooo nice?:) Hidup ini pada akhirnya akan terasa bagai air yang mengalir, damai. Hal ini tentu akan sulit dilakukan bila kita tidak percaya Tuhan. Kita bukan hanya percaya Tuhan itu ada, tetapi percaya bahwa kita sepenuhnya ada dalam kehendakNya, dan Ia selalu memberi yang terbaik buat kita:)

Buku ini juga penuh dengan quotes2 yang menginspirasi...yang bikin kita jadi pengen ngupdate status FB dengan quotes2 ini:) hihihi...*siap2 banyak yang ngasih jempol! wkwkwk..;p mulai deh keluar sifat pengen eksissss hihihi* Buat kamu yang sedang jenuh, sedang banyak pikiran, sedang merasa tidak bahagia, mungkin tidak ada salahnya membaca buku ini. Boleh juga buat kado tuk orang2 yang kamu sayangin...:) Dan siap2 untuk menyadari dan berkata...

Aku bahagia.

-kamu juga kaaaan?;)-
This entry was posted in

January 1, 2010

Ketika...happy new year!:)

Hayy!
Finally, im here again:) well 1 week of being a new student in Internal Medicine makes my day sooo busy:P yup,i have to study more and more..*which is very difficult for me:P*

and here is an email from my luvly mOm, its a nice email...and i think it is good if i share it with y'all :) *wink wink*

HANDBOOK 2010 :
HEALTH :
01. Drink plenty of water..
02. Eat breakfast like a king, lunch like a prince and dinner like a beggar.

03. Live with the 3 E's--Energy,
Enthusiasm & Empathy.
04. Make time to pray.

05. Play more games.
06. Read more books than you did in 2009.

07. Sit in silence for at least 10 minutes each day.
08. Sleep for 7 hours.

09. Take a 10-30 minutes walk daily. And while you walk; Smile.


PERSONALITY:
10. Don't over do. Keep your limits.

11. Don't take yourself so. seriously. No 1 else does.

12. Don't waste your precious energy on gossip.
13. Dream more while you are awake.

14. Envy is a waste of time. You already have all you need.
15. Forget issues of the past. Don't remind your partner with his/her mistakes of the past. That will ruin your present happiness.
16. Life is too short to waste time hating any1. Don't hate others.

17. Make peace with your past so it won't spoil the present.

18. No one is in charge of your happiness except you.

19. Smile n laugh more.

20. You don't have to win every argument,
Agree to disagree

SOCIETY:

21. Call your family often.

22. Each day give somethin good to others.
23. Forgive everyone for
everything.
24. Spend time w/people over d age of 70 & under d age of 6.

25. Try to make at least 3 people smile each day.

26. What other people think of you is none of your business.

LIFE:

27. Do the right thing!

28. GOD heals everything.

29. However good/bad a situation is, it will change

30. No matter how you feel, get up, dress up and show up.
31. The best is yet to come...

32. When awake in d morning, thank GOD for it.

33. Your Inner most is always happy. So, be happy in d future...

HAPPY NEW YEAR EVERYONE:) !!
This entry was posted in