April 26, 2009

ketika...puskesmas adorabLe!

Mmmh. Malu nih. Bisa dibilang awalnya gw suka apatis sama yang namanya Puskesmas. Dulu gw pikir, Puskesmas tuh ya gitu2 aja. Nothing special. Menjadi kepala puskesmas? Yah, a little BIT special-lah. Tapii ya udah. Rasanya cita2 untuk kerja jadi kepala Puskesmas tuh mungkin cita2 urutan kesekian...setelah cita2 jadi konsulen atau dr spesialis misalnya =) Tampak lebih keren abisnya...apalagi kalo udah pake ngebayangin adegan2 gw memakai baju putih berlari dan bekerja dengan sigap di RS yang mentereng, hahaha:D

Oke, kalau biasanya gw selama ini koass ketemu pasien di Rumah Sakit Hasan Sadikin.. Nah untuk 1 bulan ke depan, gw bersama temen2 gw (marcel, serisa, wawa, ayu, vasu, dan toni) ditempatkan di Puskesmas Sindangjaya. Letaknya di daerah Arcamanik, Bandung. Hari2 pertama? Bingung. Hahahaa..Kta bingung, data apa aja sih yang harusnya kita pake? Tapi lama2, mulai ngerti alurnya kok (meski masih bingung juga=9). Dokter dan ibu2 serta bapaknya baik banget...dan tampak antusias banget kalo kita nanya2=)

Nah setelah melewati 1 minggu di Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat (bahasa coolnya public health), pikiran gw mulai kebuka. Yup, thinking out of the box. Di bagian IKM ini, kita para koass2 belajar banyak manajemen kesehatan, terutama dalam hal pendidikan dan promosi kesehatan. Trus kita juga belajar untuk menganalisis masalah, menentukan prioritasnya, dan tentu bagaimana mengatasinya. Semua ini ya biar derajat kesehatan masyarakat naik tentunya.. Meski memang, TUGASNYA itu loh...dengan laporan yang banyaaaaakkk sekali....heuheuuuu.

Tapi, inget kata2nya dr Heni..
IKM = Bekerja keras + Bekerja cerdas + Bekerja IKHLAS
yang susah, justru bekerja ikhlasnya kan? =)

Melihat proses menjalankan Puskesmas yang enggak mudah (dengan sistem informasi kesehatan yang...wuiih, mantabbb!), dan melihat betapa sebenernya Puskesmas sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita agar bisa menjangkau pelayanan kesehatan,

membuat gw sempet berpikir "Seru juga ya kerja di sini!".

Seandainya semua Puskesmas bisa bener2 menjangkau masyarakat secara merata dan adil, dan mampu menciptakan perilaku dan lingkungan yang sehat secara MANDIRI, tentu negara kita bisa semakin maju kan?

Ya enggak?

So..working at Puskesmas maybe can be one my dream list=9

No comments: