Ketika... apa itu eksfoliator? Samakah dengan peeling?

Kenapa saya tiba2 ingin membahas peeling?

Iyap. Saya tiba2 terinspirasi dengan banyaknya produk brand Korea yang sekarang ngeluarin banyak produk exfoliator dengan kandungan Glycolic Acid (slanjutnya saya singkat GA). Nah sbenernya ngaruh atau gak sih? Well produk ini sebenernya mengandung kadar GA sangat rendah, aman digunakan. Tapi untuk hasil lebih maksimal, lebih baik kamu melakukan peeling di dokter spesialis kulit.

Saya yakin banyak diantara kita yang sering mendengar istilah peeling untuk kulit, terutama kulit wajah. Antara serem dan penasaran, peeling tuh apa sih? Kulit kita akan dikelupaskan seperti apa? Serem gak?

Peeling kimiawi merupakan suatu mekanisme pengelupasan kulit yang terkendali menggunakan bahan kimia, yang bertujuan untuk merangsang pembentukan jaringan kulit yang baru. Peeling jenisnya macam-macam (salah satunya GA), dengan target kedalaman yang berbeda2, tergantung konsentrasi yg digunakan. Misalkan peeling yang satu sifatnya sangat superfisial dan hanya mengelupaskan lapisan atas kulit, sedangkan peeling yang lain sifatnya lebih dalam dan mengelupaskan hingga ke lapisan yang lebih dalam. Pemilihan jenis peeling akan dilakukan berdasarkan indikasi yang sudah ditentukan oleh dokter SpKK. Peeling ini bisa digunakan untuk pasien berjerawat, pasien dengan keluhan flek hitam, sampai pasien yang ingin mengurangi kerutan dan untuk peremajaan kulit.

Untuk melakukan peeling, biasanya dokter SpKK akan melakukan beberapa pemeriksaaan terlebih dahulu untuk memastikan kamu dapat dilakukan tindakan peeling. Biasanya dokter SpKK akan melakukan "priming" pada kulit kamu terlebih dahulu, semacam persiapan kulit sebelum dilakukan tindakan peeling. Priming biasanya dilakukan berkisar 2-4 minggu sebelum prosedur.

Apa sih gunanya priming?
Priming bertujuan untuk mengurangi healing time, agar peneltrasi bahan kimia lebih merata atau uniform, untuk mengurangi komplikasi setelah peeling, dan yang paling penting, untuk menjamin kepatuhan pasien juga. Priming ini biasanya dengan penggunaan tabir surya dan penggunaan krim malam yang mengandung bahan bleaching agents atau tretinoin. Dengan priming yang tepat, diharapkan peeling akan berefek optimal dengan komplikasi seminimal mungkin.

Jadi, kemungkinan besar peeling akan ditunda bila kamu tiba2 dateng ke dr SpKK dan minta langsung dilakukan peeling bila sebelumnya kulit kamu tidak pernah merawat kulit atau menggunakan krim selanjutnya. Alias jangan pundung kalo peeling tidak langsung bisa dilakukan :D

Setelah baca artikel ini, pengen dipeeling dong ya? Yup, selain peeling ini prosedurnya mudah dan sangat aman, peeling juga merupakan tindakan dengan harga yang umumnya sangat terjangkau. Konsultasikan dengan dokter SpKK kamu agar kamu bisa mendapatkan hasil peeling yang memuaskan. Jangan lupa, peeling ini bukan one-time procedure! Jadi jangan berharap kalau dalam 1 kali peeling saja, lalu keluhan kulit kamu dapat hilang. As everyone knows, beauty skin needs commitment. Peeling harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

So balik lagi ke topik awal, samakah dengan eksfoliator yang ditawarkan berbagai brand?

Pada intinya sama tujuannya, yaitu mengangkat sel-sel kulit yang mati sehingga kulit tampak lebih sehat dan cerah. Hanya tentu saja, konsentrasi yang digunakan pada berbagai produk yang dijual bebas tentunya jauh lebih rendah. Dan bila tidak cocok, bisa saja terjadi iritasi atau justru memperparah keluhan pada kulit, misalnya jerawat justru bertambah parah.

Oleh karena itu, konsultasi ke dokter SpKK tetap harus dilakukan sehingga bisa didapatkan efek yang lebih maksimal. Dan tentu saja aman, karena wajah kamu ditangani langsung oleh yang ahlinya. So jangan ragu lagi untuk mulai peeling yaaa.. makin muda tentu hasilnya makin oke:D hahaha

Keep calm and love your skin. See you later. Xoxo.

Comments

Popular posts from this blog

Ketika... akhirnya SpDV!

Ketika...gosip jangan (dulu) dipercaya

Ketika... dokter spesialis kulit dan kelamin sama dengan dokter kecantikan?