Ketika... pentingnya TABIR SURYA alias SUNSCREEN

Hai, im back! Yihiii.. Sekarang saya ingin cerita sedikit (janjiii sedikiiit?) mengenai pentingnya menggunakan tabir surya.

Kalau boleh jujur (ya iyalah, kan lg puasa, gak boleh boong), saya rada nyesel kenapa gak pake tabir surya sejak remaja dlu. Apalagi pas udah ngambil spesialis kulit, makinlah saya menyesal..andaaaaiii dari dlu saya pake tabir surya. Karena ternyata, pemakaian tabir surya itu amat sangat penting! Saya jelaskan ya kenapa tabir surya sepenting ini.

Sinar matahari memancarkan sinar UVA dan UVB. UVA memiliki panjang gelombang yang lebih besar, dan mampu menembus kulit hingga ke bawah dermis (intinya lebih dalem aja pokonya hehe). Nah, UVA ini yang mengakibatkan terjadinya PENUAAN KULIT. Kerutan, kulit yang makin berkurang kekencangannya, flek hitam, itu semua akibat kurangnya perlindungan terhadap sinar UVA ini. Sedangkan sinar UVB, memiliki panjang gelombang yang lebih pendek. Sinar ini yang sering menyebabkan terjadinya SUNBURN alias kulit terbakar. Bahayanya adalah, baik sinar UVA maupun sinar UVB ini dapat merusak DNA dan memicu terjadinya KANKER KULIT. Itu mangkanya, penggunaan TABIR SURYA ini amat penting. Jauh lebih penting dari maskara, pensil alis, eyeliner, bahkan lippen warna warni kamu! Seandainya kamu terdampar di pulau terpencil dan cmn boleh bawa 1 skincare, maka bawalah sunscreen alias tabir surya ya! *oke, saya mulai ngelantur kayak biasanya zzzz*

Skg saya mau ngeringkas pertanyaan2 yang sering diajuin pasien tentang tabir surya ini.

Dok, pakenya kalau keluar rumah aja kan? Kalau panas2an aja kan?
Im sorry to say, tabir surya ini juga kudu dipake di dalem rumah! Yup, bukan lebay atau apa..tapi sejak matahari mulai bersinar terik sekitar jam 9 pagi sampe jam 4 sore, meskipun di dlm rumah, kita harus ttp pake tabir surya! Sinar matahari itu kan masuk lewat jendela juga, apalagi saya yakin kamu bukan manusia vampir yang rumahnya bergorden hitam dan hanya beraktivitas di malam hari.
Kalau beraktivitas ke luar, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya 15-30 menit sblm keluar rumah ya.. lalu diulang setiap 2-3 jam, atau setelah wudhu.

Dok, pakenya tipis2 aja kan? Soalnya kalo banyak2 jadi putih banget wajahnya!
No no no, pemakaian tabir surya yang benar adalah 2 mg/cm2, it means kamu perlu 2 buku jari untuk seluruh wajah! Misalnya kamu pake tabir surya berlabel SPF 50 dengan jumlah sangat sedikit, maka sebenernya kulit kamu mungkin hanya menggunakan SPF 30 atau di bawahnya. Itu alesannya kenapa JUMLAH PEMAKAIAN TABIR SURYA HARUS BANYAK, jadi kalau tabir surya kamu awet, ooow owww.. slama ini mungkin pakenya cuman seuprit!

Dok, kalau mendung?
TETEP PAKE! *tabok pake kuas makeup*

Dok, kalau udah pake tabir surya, boleh pake bedak?
Ya boleh laaah. Mau pake makeup setebel tembok juga boleh, but sunscreen always comes first! Biarkan kulit sekitar 10-15 menit hingga sunscreen meresap, baru gunakan step makeup yang lain.

Dok, saya udah pake sunscreen bertahun2, tapi muka saya gini2 aja ya dok? Kayak gak ngefek apa2!
Nahhh, skarang bayangin kalo muka kamu saat 20 tahun yang akan datang, kondisinya tetep kayak gini. Tetep bebas flek hitam, tetep bebas kerutan, tetep kenceng, dan tetep sehat? HAYO MAU ENGGAAAAAK? *sambil ngacungin golok* Nah mangkanya, jangan merasa pemakaian tabir surya akan langsung buat kamu meningkat kadar kecantikannya, tapiiii pemakaian tabir surya ini JUSTRU MENCEGAH terjadinya PENUAAN KULIT, FLEK2 HITAM, HINGGA KANKER KULIT. Apalagi kalo pemakaiannya diluruskan niatnya agar slalu cantik di depan suami, insyaAllah makin berkaaaah! (kan edisi Ramadhan)

Dok, saya punya anak, gak sempet pake tabir surya! *tapi alisnya cetar*
Ya harus disempetin! Kalau saya prinsipnya, anak jangan sampe jadi alesan buat kaum ibu2 merawat diri. Kalau emang segitunya gak bisa pake tabir surya, skalian aja tabir surya ditaruh di kamar mandi. Jd begitu selesai mandi dan cuci muka, bisa langsung dioles. Inget, kalau kulit kita sehat dan terawat, otomatis hati bahagia, anakpun bahagia! :D *bayangin aja kalo udah muka kucel, boro2 mau seneng main ma anak, pasti bawaanya pengen marah2 mulu* (itu saya sih sbenernya hahahaha) 

Sekian semuanya, love your skin!

Comments

Popular posts from this blog

Ketika...gosip jangan (dulu) dipercaya

Ketika... akhirnya SpDV!

Ketika... dokter spesialis kulit dan kelamin sama dengan dokter kecantikan?